Sabtu, 02 Juni 2012

Cara Mempercepat tampilan windows


Mempercepat windows, Windows yang berjalan dengan ringan dan responsif tentu menjadi dambaan setiap penggunanya. Tampilan dan performa selalu berbanding terbalik

Langkah 1 Matikan Aero Glass

Aero glass memberikan efek transparan pada windows, cantik memang tapi cukup membebani sistem, jika anda menginginkan sistem yang bekerja lebih ringan anda bisa mematikan fitur ini caranya :
  1. Klik kanan desktop > personalize
  2. Klik window color
  3. Hilangkan tanda centang pada enable transparency

 

Langkah 2 Atur windows untuk performa terbaik

Untuk mengatur windows agar berjalan pada performa terbaiknya anda harus mematikan semua pernak-pernik dan efek pada desktop, dengan demikian windows hanya akan membutuhkan resource yang kecil saja. Sekarang klik start menu kemudian ketikan adjust performance pada search bar lalu tekan enter.
Pada jendela performance option yang muncul tandai pilihan adjust for best performance kemudian klik Ok
Dan windows akan mematikan semua efek dan pernak-pernik yang dimilikinya, bagaimana terasa lebih ringan, tapi  tampilannya akan kembali ke windows klasik.

Langkah 3 Jangan gunakan image sebagai wallpaper

Desktop background atau wallpaper berupa image itu juga memperberat kinerja sistem loh, agar windows anda menjadi ringan, gunakan warna polos saja sebagai desktop background anda.
Untuk melakukannya klik kanan desktop > personalize, klik desktop background yang terdapat pada bagian paling bawah jendela, pada halaman berikutnya klik menu dropdown pada bagian picture location kemudian pilih solid color , dan pilih warna yang akan anda jadikan desktop background.

langkah 4 mempercepat windows, Nonaktifkan program desktop moding

 program-program desktop moding (modifikasi desktop) seperti yang telah kita bahas pada bab awal itu juga mempunyai pengaruh ke sistem, dan jika anda menginginkan performa yang maksimal anda harus mematikan program-program seperti litestep, rainmeter, icon 3d dl

langkah 5 mempercepat windows, Matikan service yang tidak dibutuhkan

windows seven memiliki service-service yang berjalan sepanjang waktu, dan service-service ini merupakan “beban” bagi sistem, sayangnya tidak semua service-service yang berjalan tersebut benar-benar dibutuhkan oleh sistem anda.
Seperti yang kita tahu, lingkungan, kebutuhan dan kondisi sistem dari tiap-tiap komputer pastilah berbeda, ada komputer yang khusus buat ngegame, ada yang buat multimedia , ada komputer yang terhubung ke jaringan, ada komputer yang offline, ada komputer yang cuma buat ngetik.
Windows menjalankan service-service yang memang secara default sudah disetting untuk aktif tidak peduli seperti apa lingkungan dan kebutuhan anda terhadap sistem.
anda bisa mematikan service-service yang sekiranya tidak anda butuhkan
1.      Ketikan services.msc pada start menu search bar lalu tekan enter
  1. Akan muncul jendela services, disanalah terdaftar service-service yang ada pada windows seven beserta keterangannya.
  2. Untuk menonaktifkan service , klik kanan service yang ingin anda nonaktifkan kemudian pilih properties , misalnya anda ingin menonaktifkan service computer browser, maka klik kanan computer browser kemudian pilih properties
  3. Akan muncul jendela service properties, untuk mematikan service klik tombol stop, namun ini hanya akan mematikan service untuk sementara, service tersebut akan kembali dijalankan saat komputer anda start up.
  4. Untuk menonaktifkan service secara permanen, klik menu dropdown yang terdapat pada bagian start up type kemudian pilih disable
tidak usah bingung, kenalilah sistem anda, definisikan kegunaan dari komputer anda, seperti yang telah saya utarakan diatas tadi, jika komputer anda offline maka matikan service yang bersifat jaringan, jika komputer anda adalah “mesin ketik” maka matikan service untuk multimedia.

BY munawaroh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar