Sabtu, 02 Juni 2012

Cara mengatasi laptop tidak bisa booting


Langkah-langkahnya adalah :
1.      1. Perhatikan bagian cpu laptop, apakah waktu pertama kali tombol ON di tekan cpu beroperasi? Biasanya  jika cpu beroperasi akan terdengan suara berisik kipas pendingin. Jika cpu tidak beroperasi cek bagian batery laptop apakah sudah terpasang dengan benar, ambil charger lalu hubungkan ke sumber listrik kalau-kalau daya laptop habis yang menyebabkan cpu tidak bisa beroperasi. Namun jika anda yakin cpu beroperasi namun layar masih tetap blank, permasalahannya mungkin di LCD. Untuk petolongan pertamanya buka laptop cari kabel fleksibel yang menghubungkan dari cpu ke LCD lalu cabut, semprot menggunakan Contact Cleaner (banyak dijumpai di toko elektronik harganya sekitar 20 ribuan) pasang lagi, test.
2.      2. Jika permasalahannya Boot Failure, langkah pertama masuk ke BIOS periksa keberadaan hardisk apakah masih terdetek atau tidak, jika terdetek posisikan ke First Boot Device, jika hardisk tidak terdetek bukalah casing laptop pastikan hardisk tertancap dengan benar, lalu test ulang.
3.      3. Jika kondisi cpu masih beroperasi namun langkah ke satu sudah dicoba dan hasilnya nihil sementara pakai cara yang kedua untuk masuk bios saja tidak bisa, coba periksa keberadaan RAM laptop anda. Cara paling praktis adalah dengan mencabutnya lalu memasangkannya kembali.

By : Juhairiah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar