Rabu, 30 Mei 2012

Pengertian Dan Fungsi Mouse Pada Komputer


Mouse adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk menggerakkan cursor pada layar komputer atau laptop. Mouse berfungsi untuk memudahkan pengguna komputer untuk mengakses tombol perintah yang biasanya menggunan tombol kombinasi keyboard.
Selain menggerakkan kursor, mouse juga dilengkapi dengan tombol klik kanan dan kiri yang digunakan sebagai pengganti Enter dan fungsi select pada keyboard, misalnya pada klik kiri mouse pada keyboard digunakan fungsi tab atau panah arah untuk menavigasi menu halaman, untuk fungsi Enter pada keyboard pada mouse biasanya digunakan klik 2 kali.
Pada mouse terbaru saat ini dilengkapi dengan fungsi scroll untuk menarik scroll pada kebanyakan program saat ini yang sebelumnya menggunakan fungsi page up atau page down pada keyboard. Fungsi mouse saat ini sudah hampir menggantikan keyboard pada kondisi tertentu, misalnya ketika melakukan editing gambar, maka peranmouse sangat berguna dalam mendesain objek, pada saat bermain game mouse juga berfungsi penting.
Mouse sendiri pertamakali dibuat oleh Douglas Engelbart pada tahun 1963, dan berbahan dasar kayu yang masih menggunakan satu tombol. Dan pada tahun selanjutnya mouse sudah deilengkapi dengan beberapa fungsi tambahan termasuk mouse menggunakan bluetooth atau menggunakan teknologi wireless sebagai media penghubung dengan komputer ataupun laptop yang selama ini menggunakan kabel mouse serial atau USB.
Secara umu mouse dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya bagian tombol, hardware atau komponen, kabel mouse, dan cover sebagai casing. Semakin maju teknologi yang digunakan, maka hardware pendukung mouse akan semakin banyak.

By: Desy Nur Almunawaroh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar